7 Tempat Pesugihan Di Pulau Jawa

tempat pesugihan pulau jawa

PULAU Jawa, terdapat banyak sekali tempat yang diduga sebagai pemberi pesugihan. Makam keramat, sendang ajaib, pohon wingit, gua angker, dan tempat-tempat lain sering dianggap jadi ‘pemberi’ harta atau tempat pesugihan. Masing-masing tempat pesugihan, punya cara-cara dan syarat rata-rata hampir sama. Pandansigegek tak jauh dari Parangkusuma Yogyakarta, kondang jadi tempat cari pesugihan. Sejak zaman dulu, tempat itu dipercaya sebagai tempat gudangnya tuyul pesugihan. Tuyul di sana bisa dipungut atau diambil salah satu, tapi dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Di mana saja tempat pesugihan di Pulau Jawa ?

1. Dusun Dlepih Kahyangan, Tirtomoyo, Wonogiri, ada semacam petilasan dari Panembahan Senopati yang juga jadi tumpuan para pencari pesugihan. Petilasan itu hingga kini dibanjiri peziarah lebih-lebih pada bulan suro.

2. Begitu pula Pantai Slamaran yang dikenal dengan pesugihan dewi lanjar, Pekalongan.

3. Pemandian Kera Mendit, Malang Jawa Timur.

4. Akhir-akhir ini Goa Susuh Angin, Salatiga yang lagi marak dikunjungi orang dari berbagai daerah bahkan sampai manca negara, datang untuk sekedar ngelalap berkah dan ada pula khususnya orang-orang yang menjalani pesugihan.

5. Lalu tempat pesugihan yang sering dikunjungi peziarah adalah gunung kawi.

6. Selain di atas ada ilmu pesugihan yang dikenal dengan ‘babi ngepet’. Di Jawa Timur, biasa disebut ‘celeng kresek’. Pesugihan yang digunakan untuk menggasak harta tetangga, si pelaku minta bantuan babi jadi-jadian. Pesugihan ini biasa beroperasi siang malam. walaupun dilakukan pada malam hari, namun tetap risikonya juga berat. Kalau tertangkap oleh penduduk maka bisa digebuki atau dipukuli hingga tewas.

7. Untuk pesugihan babi ngepet ada di Watudodol, terletak di kawasan hutan lindung antara Banyuwangi dengan Situbondo Jawa Timur. Dalam pesugihan ini siapa saja bisa mendapat pesugihan ‘babi ngepet’ di situ. Tapi saratnya harus kuat puasa ngebleng selama tiga hari di Watudodol. Sesajinya berupa kembang telon, minyak wangi dan secawan darah ayam cemani. Sesaji tersebut kemudian ditaruh di bawah sebuah pohon paling besar yang terdapat di situ. Ada pula yang menjalani ritual ngepet ini di daerah Gunung Sumbing dan Sindoro. Pirantinya lebih simpel namun sebelum menjalani wajib mandi di tempuran pitu di daerah Kedu-Temanggung.

dari semua pesugihan yang ada kebanyakan mereka yang memberi kekayaan akan meminta balasan dan umumnya berupa tumbal. alangkah baiknya kita berpikir bijak sebelum mengambil pesugihan yang beresiko. beresiko menghilangkan nyawa keluarga bahkan nyawa sendiri. masih banyak sarana mencari kekayaan yang sama. namun dengan jalur yang berbeda dan jauh lebih aman. kalau Anda cerdas maka Anda tahu mana yang harus anda pilih.