Sejarah Keris dalam Masyarakat

keris_ paranormal_nusantara

Sejarah Keris di masyarakat pada umumnya adalah sebagai senjata para raja dan prajurit-prajurit jaman dahulu. senjata iniĀ  telah digunakan sejak abad ke-9 sebagai senjata para dewan kerajaan. Selain digunakan sebagai senjata, pusaka ini juga dianggap mengandung sebuah kekuatan gaib di dalamnya. Kenapa tidak, karena banyak sekali mitos-mitos sebuah pusaka yang telah beredar di masyarakat jaman dulu sampai saat ini. Sehingga senjata ini sering disebut-sebut dalam berbagai legenda tradisional, seperti halnya keris Mpu Gandring buatan Mpu Gandring yang selalu haus darah dalam legenda Ken Arok.

Untuk saat ini pusaka ini arang sekali ditemukan kecuali oleh para kolektor yang gemar atau hobi mengoleksi barang-barang antik. Namun ada beberapa orang yang berkeyakinan bahwa pusaka ini kepunyaannya memiliki kekuatan gaib yang dapat memberikan suatu keajaiban pada dirinya. Memang tidak salah anggapan seperti itu, bahwasanya pusaka ini tidak dibuat sembarangan. Bagi Mpu atau pembuat keris, dalam membuat sebuah pusaka membutuhkan ritual khusus atau syarat-syarat khusus agar keris yang dibuatnya memiliki kegunaan lebih dan kekuatan yang hebat.

Keris

Bagi seorang paranormal, pusaka ini merupakan benda pusaka yang wajib dimiliki. Setiap paranormal pasti memilikinya dan bahkan siap memaharkannya apabila ada yang membutuhkan. Tentu saja keris yang dimiliki seorang paranormal bukanlah keris sembarangan. Keris yang dimiliki seorang paranormal pasti memiliki kekuatan yang luar biasa. Karena terkadang di dalam sebuah keris bersemayam khodam atau sosok gaib sebagai penghuni sebuah keris.

keris semar mesemNamun ada beberapa yang secara sadar tidak ada khodamnya namun diisi oleh seorang ahli spiritual dengan energi tertentu untuk keperluan khusus. Karena sifatnya ini isian maka kegunaan dari pusaka ini dibatasi. Adapun contoh sebuah pusaka keris di antaranya, Keris Semar Mesem, keris semar mesem adalah keris yang berwujud semar yang didalamnya diisi dengan energi yang kuat dalam hal pengasihan. Jadi keris semar mesem bagi kalangan paranormal sering digunakan sebagai sara pengasihan untuk menarik lawan jenis dari pemakainya. Pusaka ini sangat sering diburu oleh masyarakat yang sulit dalam mendapatkan jodoh.

Tata cara dalam penggunaan pusaka ini juga berbeda bergantung pada masing-masing daerah. Untuk daerah Jawa dan Sunda misalnya, sebuah keris ditempatkan hanya di pinggang bagian belakang. Sementara di Sumatra, Malaysia dan Brunei, sebuah keris ditempatkan di depan. pusaka terbagi menjadi tiga bagian yaitu mata, hulu, dan sarung. Untuk mata keris banyak sekali jenis atau yang disebut dengan pamor keris. Beberapa jenis pusaka juga memiliki mata pedang yang berkelok-kelok. ada yang bermata berkelok kelok (7, 9 bahkan 13), ada pula yang bermata lurus seperti di daerah Sumatera. Selain itu masih ada lagi keris yang memiliki kelok tunggal seperti halnya rencong di Aceh atau Badik di Sulawesi.

Banyak sekali jenis pusaka ini di Indonesia terutama di Jawa. pusaka yang di maharkan harus benar-benar yang bertuah atau memiliki energi khusus yang siap membantu pemiliknya. Jadi berhati-hatilah dalam mencari sebuah pusaka, karena pusaka yang tidak bertuah hanyalah benda hias yang untuk dikoleksi.

11 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini